KOMPARASI HASIL BELAJAR MENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


Dini Ari Respati, 4301410057 (2014) KOMPARASI HASIL BELAJAR MENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI HASIL BELAJAR MENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG]
Preview
PDF (KOMPARASI HASIL BELAJAR MENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang masih dirasa sulit oleh kebanyakan siswa. Diperlukan suatu metode pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat membuat siswa tertarik mempelajari kimia. Hal ini tergatung dari kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang harus disesuaikan dengan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode Think Pair Share dan metode Snowball Throwing materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Kesatrian 1 Semarang dan apabila ada perbedaan, hasil belajar mana yang lebih baik diantara keduanya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI IPA 5 SMA Kesatrian 1 Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I diberi metode Think Pair Share dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II diberi metode Snowball Throwing. Penelitian dilakukan dengan memberikan materi dan jam pelajaran yang sama tetapi dengan metode pembelajaran yang berbeda dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen I 78,53 dengan ketuntasan klasikal 77% dan kelas eksperimen II 71,78 dengan ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata dua pihak dihasilkan thitung (2,657) > ttabel (2,000) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kiri thitung (2,66) > ttabel (1,67) yang berarti rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen I lebih baik dari kelas eksprimen II. Simpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode Think Pair Share dengan metode Snowball Throwing dan hasil belajar kimia siswa yang diberi metode Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diberi metode Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Think Pair Share, Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 12:18
Last Modified: 26 Jan 2016 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23166

Actions (login required)

View Item View Item