PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI POKOK ASAM BASA


Nunung Fika Amalia , 4301410045 (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI POKOK ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI POKOK ASAM BASA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI POKOK ASAM BASA) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian pendahuluan yang dilakukan menemukan bahwa, instrumen penilaian yang digunakan di sekolah SMA Negeri 1 Ambarawa belum berorientasi pada keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan studi literatur, ditinjau dari hakikat kimia, tujuan pendidikan nasional dan perkembangan jaman menuntut keterampilan berpikir kritis. Siswa dipersiapkan tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi juga menyelesaikan tantangan dan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh inovasi instrumen penilaian asam basa, dan memperoleh instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa yang memenuhi kriteria valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur pengembangan produk melalui tahap penelitian pendahuluan dan pengembangan. Pada tahap pendahuluan terbagi menjadi dua, yaitu studi lapangan dan studi literatur. Tahap pengembangan, melalui beberapa bagian, yaitu 1) menyusun jenis instrumen, 2) validasi ke pakar, 3) uji coba skala terbatas 4) uji coba skala luas dan 5) implementasi produk. Hasil dari penelitian ini adalah jenis instrumen yang digunakan di sekolah memiliki tingkatan taksonomi kognitif C1 sampai C2, kadang digunakan C3. Instrumen penilaian yang dikembangkan adalah tes esai analisis, lembar aktivitas siswa, dan tes problem solving yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis siswa. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Instrumen tersebut dapat mengukur rerata hasil belajar siswa, mengukur proporsi ketuntasan dan mengukur aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, keterampilan berpikir kritis, asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 12:14
Last Modified: 26 Jan 2016 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item