PENGEMBANGAN MINI-CHEM BOOK BERORIENTASI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERKAIT KOMPETENSI LARUTAN PENYANGGA
Nor Harisah, 4301410039 (2014) PENGEMBANGAN MINI-CHEM BOOK BERORIENTASI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERKAIT KOMPETENSI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MINI-CHEM BOOK BERORIENTASI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERKAIT KOMPETENSI LARUTAN PENYANGGA )
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Buku merupakan bahan ajar yang berisi informasi positif untuk menuntun siswa berpikir, bersikap, dan menjadi bagian penting dalam pembelajaran di sekolah. Pada umumnya isi buku ajar berorientasi pada bahan pelajaran yang formal sehingga menjejali siswa dengan konsep-konsep yang harus dihafal, dan tidak mengajak siswa untuk menemukan makna serta keterkaitannya dengan lingkungan, teknologi, dan bermasyarakat. Sebagian besar buku ajar juga berukuran besar, memuat sedikit gambar, dan tidak berwarna sehingga bagi siswa buku tersebut tidak menarik. Hal inilah yang membuat minat baca siswa menjadi rendah dan berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan mini-chem book berorientasi SETS (2) mengetahui pengaruh penggunaannya terhadap peningkatan hasil belajar siswa, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan mini-chem book. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Validasi desain mini-chem book dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui tingkat kevalidan sebelum produk tersebut ditujukan pada siswa. Uji skala produk skala kecil dilakukan terhadap 10 siswa kelas XI. Uji coba skala besar mengambil XI IPA 2 sebagai kelas uji coba 1 yang menggunakan mini-chem book dalam pembelajaran dan XI IPA 3 sebagai kelas uji coba 2 yang tidak menggunakan mini-chem book dalam pembelajaran. Hasil pengembangan mini-chem book dinyatakan valid dengan kategori sangat baik dan sangat layak diterapkan. Perhitungan N-gain dari kelas uji coba 1 sebesar 0,62, sedangkan kelas uji coba 2 sebesar 0,40. Hasil uji thitung (7,59) lebih dari tkritis (1,67). Hasil tersebut menunjukkan pembelajaran menggunakan mini-chem book memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Rata-rata nilai afektif kelas uji coba 1 sebesar 96%, sedangkan kelas uji coba 2 sebesar 89%. Rata-rata nilai psikomotorik kelas uji coba 1 sebesar 92% dan kelas uji coba 2 sebesar 91%. Hasil keseluruhan nilai aspek afektif dan psikomotorik kelas uji coba 1 lebih besar daripada kelas uji coba 2. Hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan mini-chem book positif dengan 23 siswa memberi tanggapan baik dari jumlah 31 siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; SETS; mini-chem book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 11:37 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 11:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23163 |
Actions (login required)
View Item |