PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Risqiatun Nikmah , 4301410022 (2014) PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT  PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN  KETERAMPILAN PROSES SAINS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia yang hakikatnya termasuk pembelajaran sains. Komponen yang penting untuk diperhatikan dalam kegiatan praktikum di antaranya adalah diktat praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas model diktat praktikum kimia SMA berbasis Guided Discovery–Inquiry bervisi SETS (Science, Environment, Technology and Society), mengetahui pengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan tanggapan siswa terhadap model diktat praktikum tersebut pada materi penyangga dan hidrolisis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development yang diadopsi dari Sugiyono (2010). One-Group Pretest and Posttest Design digunakan pada saat uji coba skala luas dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian, validitas diktat praktikum mencapai skor 202 dengan kategori sangat valid. Penggunaan diktat praktikum berbasis Guided Discovery–Inquiry bervisi SETS dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Adanya peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil thitung (10,34) lebih dari tkritis (2,04). Hasil tanggapan siswa menunjukkan 7 dari 30 siswa memberi tanggapan dengan kriteria sangat layak dan sisanya memberikan tanggapan dengan kriteria layak. Selain itu, didapatkan juga data hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik, afektif dan kognitif. Rata-rata hasil belajar pada ranah psikomotorik maupun afektif mencapai kategori baik dan 21 dari 30 siswa mampu mencapai KKM berdasarkan hasil belajar pada ranah kognitif. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan model diktat praktikum berbasis Guided Discovery–Inquiry bervisi SETS sangat valid, dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan mendapat tanggapan positif dari siswa. Walaupun hasil penelitian ini sudah sesuai tujuan tetapi masih perlu dilakukan perbaikan dan uji coba yang tidak hanya sekali sehingga diharapkan dapat menghasilkan model diktat praktikum yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: diktat praktikum; guided discovery-inquiry; keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 11:32
Last Modified: 26 Jan 2016 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23162

Actions (login required)

View Item View Item