PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Risqiatun Nikmah , 4301410022 (2014) PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL DIKTAT PRAKTIKUM KIMIA SMA BERBASIS GUIDED DISCOVERY-INQUIRY BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan praktikum sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia yang hakikatnya termasuk pembelajaran sains. Komponen yang penting untuk diperhatikan dalam kegiatan praktikum di antaranya adalah diktat praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas model diktat praktikum kimia SMA berbasis Guided Discovery–Inquiry bervisi SETS (Science, Environment, Technology and Society), mengetahui pengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan tanggapan siswa terhadap model diktat praktikum tersebut pada materi penyangga dan hidrolisis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development yang diadopsi dari Sugiyono (2010). One-Group Pretest and Posttest Design digunakan pada saat uji coba skala luas dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian, validitas diktat praktikum mencapai skor 202 dengan kategori sangat valid. Penggunaan diktat praktikum berbasis Guided Discovery–Inquiry bervisi SETS dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Adanya peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil thitung (10,34) lebih dari tkritis (2,04). Hasil tanggapan siswa menunjukkan 7 dari 30 siswa memberi tanggapan dengan kriteria sangat layak dan sisanya memberikan tanggapan dengan kriteria layak. Selain itu, didapatkan juga data hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik, afektif dan kognitif. Rata-rata hasil belajar pada ranah psikomotorik maupun afektif mencapai kategori baik dan 21 dari 30 siswa mampu mencapai KKM berdasarkan hasil belajar pada ranah kognitif. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan model diktat praktikum berbasis Guided Discovery–Inquiry bervisi SETS sangat valid, dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan mendapat tanggapan positif dari siswa. Walaupun hasil penelitian ini sudah sesuai tujuan tetapi masih perlu dilakukan perbaikan dan uji coba yang tidak hanya sekali sehingga diharapkan dapat menghasilkan model diktat praktikum yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diktat praktikum; guided discovery-inquiry; keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 11:32 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 11:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23162 |
Actions (login required)
View Item |