PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA NEGERI 4 PEKALONGAN


Ainu Ziyadati Rizqiyana, 4401410105 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA NEGERI 4 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA NEGERI 4 PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI SMA NEGERI 4 PEKALONGAN) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Karakteristik pembelajaran biologi adalah berupaya mengenali proses kehidupan nyata di lingkungan, oleh karena itu observasi dan eksperimen penting dalam mempelajari Biologi. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengaktifkan siswa dan memberikan pengalaman kepada siswa yaitu dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 4 Pekalongan khususnya pada materi sistem pernapasan masih menggunakan media yang membuat siswa hanya menghafal materi tanpa tahu prosesnya. Adanya fasilitas laboratorium yang memadai dapat dioptimalkan untuk menerapkan LKS berbasis inkuiri dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dilakukan di SMA Negeri 4 Pekalongan dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu sampel ditentukan oleh guru dengan pertimbangan untuk memperoleh hasil yang baik. Desain uji coba pemakaian menggunakan desain one shoot case study. Data yang dikumpulkan berupa data kelayakan LKS dari validator media dan materi serta guru biologi kelas XI, data aktivitas siswa, data hasil belajar siswa, dan tanggapan guru dan siswa. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil persentase kelayakan LKS berbasis inkuiri dari validator materi sebesar 90%, persentase kelayakan dari validator media sebesar 79%, dan persentase kelayakan dari guru biologi kelas XI sebesar 96,7%. LKS mendapat tanggapan sangat dapat diterapkan dari siswa dengan persentase 95% pada uji coba skala kecil. Dalam uji coba skala besar LKS berbasis inkuiri membuat 91,6% aktivitas siswa sangat aktif, hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 100% pada nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75, tanggapan siswa sebesar 98,6% LKS sangat dapat diterapkan dan tanggapan guru sangat tinggi sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS berbasis inkuiri pada materi sistem pernapasan untuk kelas XI layak dan dapat diterapkan di sekolah sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelayakan LKS berbasis inkuiri, keterterapan LKS berbasis inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 11:23
Last Modified: 26 Jan 2016 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item