PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FINALE 2006 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI MUSIK SISWA KELAS II TKJ 1 SMK 3 KENDAL TAHUN AJARAN 2008/ 2009


Yusuf Aryo Seto , 2501403030 (2009) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FINALE 2006 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI MUSIK SISWA KELAS II TKJ 1 SMK 3 KENDAL TAHUN AJARAN 2008/ 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FINALE 2006 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI MUSIK SISWA KELAS II TKJ 1 SMK 3 KENDAL TAHUN AJARAN 2008/ 2009]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FINALE 2006 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI MUSIK SISWA KELAS II TKJ 1 SMK 3 KENDAL TAHUN AJARAN 2008/ 2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran notasi balok merupakan tahap dasar dari pembelajaran seni musik. Selama ini pembelajaran notasi balok disekolah kurang dapat memberikan rasa tertarik siswa ketika mengikuti pembelajaran. Perasaan kurang tertarik berpengaruh terhadap minat dan keterampilan membaca notasi balok. Hal itu terbukti di kelas II TKJ 1 SMK 3 Kendal. Secara klasikal dari 36 siswa yang mengikuti pembelajaran, hanya 11 siswa atau 31 % mencapai batas tuntas penilaian. Oleh sebab itu akan dilakukan inovasi pembelajaran notasi balok dengan memanfaatkan aplikasi program Finale 2006 sebagai media pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat dua permasalahan, yaitu (1) Apakah pemanfaatan media pembelajaran program Finale 2006 dapat meningkatkan minat siswa kelas II TKJ 1 SMK 3 Kendal pada pembelajaran notasi balok ? dan (2) Apakah pemanfaatan media pembelajaran program Finale 2006 dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi balok siswa kelas II TKJ 1 SMK 3 Kendal ? Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Sedangkan pengukuran minat dilakukan dengan angket. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis hasil angket dan keterampilan membaca notasi balok menunjukan adanya peningkatan. Pada kondisi awal jumlah siswa yang berminat terhadap pembelajaran notasi balok sebesar 8 % meningkat menjadi 92 % pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 84 %. Sedangkan hasil keterampilan membaca notasi balok pada kondisi awal sebesar 54,4 meningkat menjadi 71,1 pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 16,67 %. Dari penelitian yang telah dilaksakan, saran yang dapat disampaikan adalah (1) pemanfaatan media pembelajaran aplikasi program Finale 2006 dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran notasi balok karena hal ini terbukti mampu meningkatkan keterampilan membaca notasi balok. Selain itu dapat meningkatkan minat dalam pembelajaran. (2) Sekolah dalam hal ini sebagai penyelenggara pendidikan sebaiknya menambah jumlah unit komputer dengan kapasitas memori yang cukup guna aplikasi program komputer untuk pembelajaran terkait, sehingga seluruh siswa dapat menggunakan fasilitas pembelajaran, (3) Karena keterbatasan waktu, penelitian ini tidak dapat dilanjutkan ke siklus berikutnya yang dapat memberi pengaruh lebih signifikan. Untuk itu peneliti memberikan acuan penelitian serupa dengan memanfaatkan aplikasi program Finale 2006 ditambah program-program pengolah data musik lain yaitu Sibelius, Cake Walk, Gitar Pro dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, notasi balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 May 2011 01:05
Last Modified: 25 Apr 2015 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item