PENGEMBANGAN MEDIA “WOODY PUZZLE” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN

Intan Kurniawati , 4401410084 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA “WOODY PUZZLE” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA “WOODY PUZZLE” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN) - Published Version
Download (11Mb)

    Abstract

    Materi struktur jaringan tumbuhan mempelajari susunan dan bentuk berbagai jaringan pada tumbuhan yang bersifat mikroskopis. Pembelajaran Biologi materi struktur jaringan tumbuhan di SMA Negeri 2 Kendal sampai saat ini menggunakan buku teks dan mikroskop yang jumlahnya terbatas. Media tersebut belum dapat mengarahkan perhatian siswa secara optimal pada pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan media alternatif yang dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam bentuk media “woody puzzle”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kevalidan dan keefektifan serta menganalisis keterterapan media pembelajaran berbentuk “woody puzzle”. Penelitian ini adalah Research and Developement (R&D). Jenis data yang diambil meliputi validitas, efektivitas (motivasi, aktivitas dan hasil belajar) dan keterterapan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes dan non tes (angket). Teknik analisis data dilakukan terhadap data hasil uji coba tes, observasi, validitas, efektivitas dan keterterapan. “Woody puzzle” diujicobakan di kelas XI IPA 3 SMA Pondok Modern Selamat Kendal sebagai uji coba skala kecil dan di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendal sebanyak 3 kelas sebagai uji coba skala luas dengan pre-test and post-test group design. Hasil penelitian ini adalah diperoleh data tentang karakteristik media pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 2 Kendal seperti buku teks dan jumlah mikroskop yang terbatas. Perlunya dikembangkan media “woody puzzle” untuk menunjang pembelajaran. Media “woody puzzle” dikembangkan melalui tahap validasi, ujicoba skala terbatas, revisi produk, ujicoba skala luas, penyempurnaan dan penggandaan jumlah produk untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Media “woody puzzle” hasil pengembangan dinyatakan sangat valid, efektif dan dapat diterapkan.Karakteristik “woody puzzle” yang efektif, valid dan dapat diterapkan terbuat dari limbah potongan triplek dua dimensi yang memiliki kontras warna yang tepat, tidak terlalu cerah atau gelap. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan media “woody puzzle” sangat valid, efektif karena ≥75% dari jumlah siswa berada pada kriteria termotivasi, aktif, tuntas secara individual, klasikal dan hasil belajar meningkat serta dapat diterapkan sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 2 Kendal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: “woody puzzle”,motivasi, aktivitas dan hasil belajar, struktur jaringan tumbuhan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history
    Q Science > QK Botany
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 06:15
    Last Modified: 26 Jan 2016 06:15

    Actions (login required)

    View Item