PENERAPAN ACTIVE, JOYFUL AND EFFECTIVE LEARNING (AJEL) BERBASIS BIOEDUTAINMENT MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Iffa Faiza Choirunnisa , 4401410071 (2014) PENERAPAN ACTIVE, JOYFUL AND EFFECTIVE LEARNING (AJEL) BERBASIS BIOEDUTAINMENT MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN ACTIVE, JOYFUL AND EFFECTIVE LEARNING (AJEL) BERBASIS BIOEDUTAINMENT MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN) - Published Version
Download (3971Kb)

    Abstract

    Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran terutama di sekolah adalah seorang guru. Guru dituntut dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang sedemikian rupa agar terjadi pencapaian tujuan belajar oleh peserta didik dan kesuksesan pembelajaran, salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan pendekatan Active, Joyful and Effective Learning (AJEL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan AJEL berbasis bioedutainment terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X MAN Kendal pada materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design, dengan desain non-randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X 1 sampai X 6 MAN Kendal yang diajar oleh guru yang sama. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling dengan dua kelas eksperimen yaitu kelas X 4 dan X 6, satu kelas kontrol X 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tingkat keterlaksanaan AJEL berbasis bioedutainment di kedua kelas eksperimen adalah 86 %. Hasil tersebut didapatkan melalui observasi observer terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Tingkat keterlaksanaan AJEL berbasis bioedutainment terhadap skor aktivitas siswa menunjukkan skor aktivitas siswa sebesar 81% (sangat aktif), sedangkan tingkat keterlaksanaan AJEL berbasis bioedutainment terhadap nilai hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 82 dan 80. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa AJEL berbasis bioedutainment berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X di MAN Kendal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Active, Joyful and Effective Learning (AJEL), Bioedutainment, Materi Perubahan Lingkungan
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    Q Science > QH Natural history
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 06:11
    Last Modified: 26 Jan 2016 06:11

    Actions (login required)

    View Item