KAJIAN FAKTOR-FAKTOR AKADEMIK DAN NON AKADEMIK MAHASISWA BIOLOGI BERKESULITAN BELAJAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Rina Anjarwani , 4401410056 (2014) KAJIAN FAKTOR-FAKTOR AKADEMIK DAN NON AKADEMIK MAHASISWA BIOLOGI BERKESULITAN BELAJAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KAJIAN FAKTOR-FAKTOR AKADEMIK DAN NON AKADEMIK MAHASISWA BIOLOGI BERKESULITAN BELAJAR DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (947Kb)

    Abstract

    berbanding lurus dengan jumlah kelulusan mahasiswa pada angkatan 2009. Data di Jurusan Biologi menunjukkan jumlah mahasiswa yang dapat lulus dalam 8 semester pada angkatan 2009 hanya mencapai 13,3%. Hal ini perlu dilakukan observasi awal untuk mengetahui faktor penyebab hambatan kelulusan yang terjadi pada mahasiswa Biologi. Observasi awal dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur pada angkatan 2007, 2008, dan 2009, dengan hasil menunjukkan bahwa penyebab hambatan kelulusan adalah tugas akhir skripsi. Berdasarkan hasil wawancara tidak terstruktur, faktor mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dilihat dari faktor akademik dan faktor non akademik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor akademik dan non akademik mahasiswa Biologi Unnes yang mengalami kesulitan belajar. Faktor akademik berhubungan dengan kemampuan intelegensi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dan faktor non akademik yang berkaitan dengan lingkungan mahasiswa selama proses mengerjakan skripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif survei dengan cross sectional design. Kerangka sampling dalam penelitian ini adalah mahasiswa Biologi FMIPA Unnes angkatan 2007, 2008, dan 2009 yang masih tercatat aktif sebagai mahasiswa pada bulan Januari 2014. Responden penelitiannya adalah kerangka sampling dengan kriteria sedang menempuh mata kuliah skripsi dan tidak mengambil mata kuliah lain. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara pribadi secara terstruktur dengan responden. Penelitian dihentikan ketika data hasil wawancara sudah memenuhi standar kejenuhan dari peneliti. Data hasil wawancara terstruktur dianalisis dengan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan data jenuh pada responden ke 21, 22, dan 23. Permasalahan yang dihadapi oleh responden sangat beragam dari mulai faktor akademik dan non akademik. Keberagaman tersebut menjadi informasi yang objektif dan mendalam bagi penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa masalah utama dari faktor akademik yaitu kesulitan dalam mengembangkan skripsi (100%), dan dari faktor non akademik yaitu adanya perasaan tertekan dari keluarga untuk segera menyelesaikan skripsi (82,60%).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Biologi, faktor akademik dan non akademik, Berkesulitan belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QH Natural history
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 05:58
    Last Modified: 26 Jan 2016 05:58

    Actions (login required)

    View Item