IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SE-KOTA MAGELANG


Didiet Chandra Ariadi , 4401409021 (2014) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SE-KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SE-KOTA MAGELANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA SE-KOTA MAGELANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu elemen perubahan yang penting dalam kurikulum 2013 adalah standar proses yang berisi standar minimal mengenai proses pembelajaran yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan yang termuat dalam kurikulum adalah melalui proses pembelajaran. Oleh karena itu, gambaran mengenai implementasi standar proses penting dilakukan untuk melakukan kajian awal karena pada tahun ajaran 2014/2015 semua sekolah harus mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi standar proses kurikulum 2013 pada pembelajaran Biologi di SMA se-Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang pada Semester Genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menganalisis RPP yang disusun guru dan mengamati kegiatan belajar mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Biologi kelas X, siswa kelas X, dokumen RPP, dan kegiatan pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah memuat adanya pendekatan saintifik yang merupakan penekanan dalam kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Magelang masih sering menggunakan metode ceramah. Namun, guru memberikan variasi melalui pembelajaran praktikum sehingga dapat memfasilitasi siswa menggunakan pendekatan saintifik dan mampu mengembangkan karakter siswa. Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Magelang menggunakan metode diskusi dan pembelajaran di luar kelas sehingga mampu memfasilitasi siswa menggunakan pendekatan saintifik dan mampu mengembangkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Standar Proses, Pembelajaran Biologi, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 10:49
Last Modified: 26 Jan 2016 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23154

Actions (login required)

View Item View Item