HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Munlifatun Sadiyah , 4401409017 (2014) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (3488Kb)

    Abstract

    Kecerdasan dibedakan menjadi tiga yaitu kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Kecerdasan intelektual diukur dari nilai indeks prestasi, menurut sebagian ahli nilai indeks prestasi yang baik merupakan tolak ukur dari kesuksesan seseorang. Tolak ukur tersebut tidak salah tetapi tidak seratus persen bisa dibenarkan. Keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Perguruan tinggi seharusnya tidak mengembangkan kecerdasan intelektual saja tetapi kecerdasan emosional yang juga perlu dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi tahun angkatan 2011/2012 Universitas Negeri Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah semua anggota populasi pada penelitian ini. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel X (kecerdasan emosional) dan variabel Y (hasil belajar mahasiswa), Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasional dengan tehnik korelasional. Hasil penelitian dari perhitungan analisis korelasi product moment diperoleh rxy (rhitung) 49,76 dan rtabel 0,103 dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rxy (r hitung) lebih besar dari r tabel pada tingkat kesalahan 5% yang berarti bahwa, terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang. Tingkat kecerdasan emosional mahasiswa diperoleh dengan kriteria sangat baik 49 mahasiswa (35,48%) dan kriteria baik 97 mahasiswa (64,52%). Hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2011/2012 selama empat semester diperoleh indeks prestasi dengan kriteria sangat baik ada 29 mahasiswa (20%),kriteria baik ada 111 mahasiswa (62%), cukup baik 4 mahasiswa (12%), kurang baik 2 mahasiswa (6%). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, hasil belajar, mahasiswa
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QH Natural history
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 05:45
    Last Modified: 26 Jan 2016 05:45

    Actions (login required)

    View Item