PENGEMBANGAN KOMIK PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP


Wasil Hidayah , 4401409008 (2014) PENGEMBANGAN KOMIK PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KOMIK PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KOMIK PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup penting dilaksanakan pada semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan. Pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan. Melalui pembekalan pengetahuan mengenai pencemaran lingkungan akan membentuk generasi berkarakter peduli lingkungan. Guru berperan menanamkan nilai pendidikan lingkungan hidup kepada siswa melalui kegiatan pembelajaran materi pencemaran lingkungan. Sumber belajar di sekolah belum memadai untuk pengembangan karakter peduli lingkungan, sehingga diperlukan penelitian pengembangan sumber belajar yang dapat mengembangkan karakter peduli lingkungan siswa. Pendekatan yang dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan komik berbasis karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik yang valid digunakan sebagai sumber belajar materi pencemaran lingkungan, serta menganalisis efektivitas komik sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP terhadap hasil belajar dan karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development. Uji coba dilaksanakan di SMPN 1 Wonopringgo pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Uji coba produk menggunakan 10 siswa kelas VIII-2 SMPN 1 Wonopringgo dengan teknik penyampelan purposive sampling. Uji coba pemakaian menggunakan siswa kelas VII-6 desain pretest-postest gorup menggunakan teknik penyampelan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan dari segi media dan segi materi mendapatkan penilaian sangat valid (92,5% dan 91,6%). Uji coba produk mendapatkan penilaian kelayakan media valid (85,5%) dan kelayakan materi sangat valid (90%). Peningkatan hasil belajar dihitung menggunakan uji N-Gain dengan nilai rata-rata gain 0,62 masuk kriteria sedang. Kriteria gain sedang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami perubahan ke arah positif. Peningkatan karakter peduli lingkungan dihitung menggunakan uji N-Gain dengan nilai rata-rata gain 0,41 masuk kriteria sedang. Kriteria gain sedang menunjukkan bahwa karakter peduli lingkungan siswa mengalami perubahan ke arah positif. Penghitungan klasikal karakter peduli lingkungan tiap indikator sebelum dan setelah pembelajaran menunjukkan hasil yang sama yaitu kriteria baik, namun terdapat peningkatan persentase 2-8% setelah kegiatan pembelajaran dibandingkan sebelum pembelajaran menggunakan komik. Komik pencemaran lingkungan yang dikembangkan sudah mendapatkan penilaian sangat valid oleh ahli media dan materi namun nilai gain rata-rata yang masuk kriteria sedang menunjukkan komik belum cukup efektif memberikan perubahan hasil belajar dan karakter peduli lingkungan siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Penggunaan komik memerlukan metode pembelajaran pendamping agar penggunaanya tidak terbatas pada kegiatan membaca dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Peduli lingkungan, Komik, Sumber Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 10:41
Last Modified: 26 Jan 2016 10:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23152

Actions (login required)

View Item View Item