EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS EKSPLORASI MATERI PROTISTA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA 1 TENGARAN


Ema Evirianti , 4401407038 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS EKSPLORASI MATERI PROTISTA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA 1 TENGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS EKSPLORASI MATERI PROTISTA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA 1 TENGARAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS EKSPLORASI MATERI PROTISTA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA 1 TENGARAN) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA 1 Tengaran, hasil belajar siswa kelas X materi Protista belum mencapai KKM dengan nilai batas tuntas 70. Salah satu pembelajaran yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbasis eksplorasi. Penelitian bertujuan mengetahui keefektivan model pembelajaran TGT berbasis Eksplorasi terhadap hasil belajar siswa di SMA 1 Tengaran. Penelitian dilakukan dengan metode experimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA 1 Tengaran tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian diambil dengan teknik convenience sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, tugas, tes dan angket. Sementara analisis data secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat aktivitas siswa pada ketiga pertemuan yaitu 96,76%, 96,77% dan 100% siswa kelas XMIPA1 dalam kategori aktivitas tinggi dan sangat tinggi. Kelas XMIPA2 persentase keaktifan pada tiga kali pertemuan yaitu 68,75%, 78,15% dan 97,25% dalam kategori aktivitas tinggi dan sangat tinggi. Sementara dikelas XMIPA3 persentase keaktifannya yaitu 62,27%, 76,03% dan 97% dalam kategori aktivitas tinggi dan sangat tinggi. Hasil analisis terhadap hasil belajar menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar dikelas XMIPA1 mencapai 84,2; kelas XMIPA2 mencapai 78,08 dan kelas XMIPA3 mencapai 79,15. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbasis eksplorasi pada materi Protista terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA 1 Tengaran efektif dalam mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Penerapan pembelajaran TGT berbasis eksplorasi dapat diterapkan pada materi biologi lain dengan menggunakan bahan ajar yang sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, Protista, hasil belajar, efektivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Jan 2016 10:37
Last Modified: 26 Jan 2016 10:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item