SINTESIS BIOSORBEN DARI LIMBAH KAYU JATI DAN APLIKASINYA UNTUK MENJERAP LOGAM Pb DALAM LIMBAH CAIR ARTIFISIAL

Anis Tri Wahyuni , 5511311008 (2014) SINTESIS BIOSORBEN DARI LIMBAH KAYU JATI DAN APLIKASINYA UNTUK MENJERAP LOGAM Pb DALAM LIMBAH CAIR ARTIFISIAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (SINTESIS BIOSORBEN DARI LIMBAH KAYU JATI DAN APLIKASINYA UNTUK MENJERAP LOGAM Pb DALAM LIMBAH CAIR ARTIFISIAL) - Published Version
Download (2126Kb)

    Abstract

    Limbah industri yang semakin berkembang menjadi permasalahan global yang serius, karena limbah ini bersifat toksin, terutama limbah cair yang mengandung logam berat (contohnya Pb). Berbagai metode pengolahan limbah telah banyak dipelajari, diantara berbagai metode tersebut, adsorpsi dengan biosorben merupakan metode yang paling murah dan mudah diterapkan. Sebagai alternatif digunakan serbuk gergaji kayu jati yang belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai biosorben. Kayu jati mengandung lignoselulosa yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai biosorben. Biosorben tersebut dapat dimanfaatkan sebagai biosorben yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menjerap logam Pb. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pembuatan biosorben dari serbuk gergaji kayu jati dan mengaplikasikan biosorben tersebut untuk mengadsorpsi logam Pb. Tahapan-tahapan dalam pembuatan biosorben dari serbuk gergaji kayu jati meliputi preparasi, aktivasi, pencucian, dan pengeringan. Tahapan preparasi bertujuan untuk menghilangkan pengotor yang terkandung dalam serbuk gergaji kayu jati. Setelah tahap preparasi dilanjutkan tahap aktivasi menggunakan natrium hidroksida untuk memperbesar pori-pori biosorben, sehingga meningkatkan kemampuan adsorpsi lebih maksimal. Selanjutnya dilakukan pencucian dan pengeringan, tahap akhir ini dilakukan untuk menghilangkan natrium hidroksida yang masih tersisa dalam biosorben. Biosorben yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk mengadsorpsi ion logam Pb yang terkandung dalam limbah cair artifisial dengan variasi waktu 15, 30, 45, 60, 120, 180 menit dan variasi konsentrasi awal 2, 4, 6, 8, dan 10 ppm. Larutan Pb yang telah diadsorpsi diidentifikasi dengan analisis AAS (Atomic Absorption Spectroscopy). Sebelumnya biosorben diidentifikasi karakterisasinya terlebih dahulu dengan analisis FTIR (Fourier Transform Infra Red) dan analisis SAA (Surface Area Alanyzer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa serbuk gergaji kayu jati dapat digunakan sebagai biosorben untuk menjerap ion logam Pb dalam limbah cair artifisial. Berdasarkan analisis FTIR biosorben memiliki gugus-gugus aktif yang dapat mengadsorpsi logam Pb yaitu gugus –OH dan gugus C-O. Biosorben memiliki surface area 15.134 m2/g sehingga mampu mengadsorpsi logam Pb yang berukuran 0.2 m2/g dan ukuran pori 18.86 Å. Berdasarkan uji AAS dan perhitungan ralat rerata Isoterm yang sesuai dengan serbuk gergaji kayu jati adalah Isoterm Freundlich dengan nilai n sebesar 0.386, kF sebesar 0.928 dan Cµmodel sebesar 2.24 x 10-1.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Sintesis Biosorben, Limbah kayu jati
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    T Technology > TP Chemical technology
    Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia D3
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 05:30
    Last Modified: 26 Jan 2016 05:30

    Actions (login required)

    View Item