PENGEMBANGAN CONTEXTUAL PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK TEMA PENCEMARAN DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP

Diyah Ayu Warapsari , 4001410052 (2014) PENGEMBANGAN CONTEXTUAL PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK TEMA PENCEMARAN DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN CONTEXTUAL PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK TEMA PENCEMARAN DAN DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP) - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    Puzzle adalah sebuah media permainan merangkai potongan gambar yang berantakan agar menjadi suatu gambar yang utuh. Contextual puzzle merupakan hasil modifikasi dari permainan puzzle konvensional. Contextual puzzle dilengkapi dengan gambar, pertanyaan, serta tugas proyek untuk mengasah kreatifitas siswa. Media pembelajaran yang menyenangkan dengan memadukan unsur bermain dan belajar perlu dikembangkan karena proses pembelajaran di SMP N 1 bobotsari tidak pernah menggunakan media pembelajaran yang telah dimodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak digunakan berupa contextual puzzle berbasis proyek pada tema pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media contextual puzzle berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP N 1 Bobotsari. Penelitian ini menggunakan tahap penelitian Research & Development (R&D) menurut Sugiyono (2010). Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kelayakan media contextual puzzle dan data keefektifan media contextual puzzle yang dilihat dari perhitungan n-gain berdasarkan nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh didapatkan data kelayakan media contextual puzzle dengan rata-rata persentase penilaian kelayakan media dan materi berturut-turut sebesar 87,48% dan 96,65% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar siswa pada uji coba pelaksanaan memperoleh n-gain sebesar 0,775 dengan kriteria tinggi dan rata-rata persentase keaktifan siswa sebesar 70,05% dengan kriteria aktif. Dengan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media contextual puzzle layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP/MTs.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Conteztual Puzzle, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Berbasis Proyek
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    Q Science > QH Natural history
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 26 Jan 2016 05:22
    Last Modified: 26 Jan 2016 05:22

    Actions (login required)

    View Item