ANALISIS BUTIR SOAL TES UTS (ULANGAN TENGAH SEMESTER) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA \KELAS VIII MTS NEGERI I SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Rohmah Solehah , 2701409042 (2015) ANALISIS BUTIR SOAL TES UTS (ULANGAN TENGAH SEMESTER) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA \KELAS VIII MTS NEGERI I SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2701409042.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tes hasil belajar adalah tes yang digunakan untuk menilai hasil-hasil pelajaran yang telah diberikan guru kepada siswanya dalam jangka waktu tertentu. Untuk keperluan evaluasi proses belajar mengajar, dapat digunakan tes yang telah distandardisasikan, maupun tes buatan guru sendiri. Tes yang akan dievaluasi adalah tes buatan guru sendiri. Tes buatan guru sendiri adalah suatu tes yang disusun oleh guru sendiri untuk mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini berupa variabel diskrit, karena hasil penelitian ini berupa angkaangka yang menunjukkan tingkat kesukaran soal, daya beda soal, validitas soal, dan reliabilitas soal UTS. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi dan teknik pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan dari segi Tingkat Kesukaran menunjukkan bahwa soal pilihan ganda masuk dalam kategori baik, karena 53,3% indeks kesukarannya memenuhi standar, soal uraian masuk dalam kategori sedang, karena 40% indeks kesukarannya memenuhi standar. Dari segi daya pembeda soal, soal pilihan ganda tersebut masuk dalam kategori cukup baik, karena 60% indeks daya bedanya masuk dalam kriteria cukup baik, soal uraian masuk dalam kategori baik, karena 100% indeks daya bedanya masuk dalam kategori baik. Dari segi validitas, validitas soal pilihan ganda tersebut adalah 93,3%, validitas soal uraian adalah 80%. Dan dari segi reliabilitas soal, menunjukkan bahwa soal pilihan ganda memiliki kategori reliabilitas yang tinggi. Dan soal pilihan ganda masuk dalam kriteria reliable, soal uraian masuk dalam kategori reliabilitas sedang, dengan kriteria reliabilitas yang reliabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Butir Soal Tes, Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 12:48
Last Modified: 26 Jan 2016 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23142

Actions (login required)

View Item View Item