PENGEMBANGAN MODEL KAMUS PRAKTIS JAWA-INDONESIA DAN INDONESIA-JAWA BERBASIS AUDIOLINGUAL PADA APLIKASI ANDROID


Nuring Dyah Rahmadani , 2601411145 (2015) PENGEMBANGAN MODEL KAMUS PRAKTIS JAWA-INDONESIA DAN INDONESIA-JAWA BERBASIS AUDIOLINGUAL PADA APLIKASI ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411145.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu semakin ditinggalkan oleh keluarga Jawa masa kini. Beberapa faktor mempengaruhi keadaan tersebut. Salah satunya keterbatasan penguasaan leksikon bahasa Jawa. Berdasarkan analisis potensi dan masalah, ditemukan gagasan untuk mengembangkan model aplikasi kamus umum Jawa-Indonesia dan Indonesia Jawa yang relatif mudah digunakan oleh generasi muda Jawa masa kini. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan penutur bahasa Jawa terhadap model kamus praktis Jawa-Indonesia dan Indonesia-Jawa berbasis audiolingual pada aplikasi android (2) bagaimana prototipe model kamus praktis Jawa-Indonesia dan Indonesia-Jawa berbasis audiolingual pada aplikasi android (3) bagaimana validasi prototipe model kamus praktis JawaIndonesia dan Indonesia-Jawa berbasis audiolingual pada aplikasi android. Tujuan penelitian ini menyusun kamus pada aplikasi android dan memuat kosakata yang setiap hari digunakan. Kamus ini diharapkan dapat melestarikan bahasa Jawa agar tidak kehilangan penutur aslinya. Penelitian ini dilandasi oleh teori leksikologi dan leksikografi serta menggunakan teori dasar aplikasi android. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang terbagi menjadi (1) analisis potensi dan masalah (2) analisis kebutuhan (3) merancang prototipe (4) uji validasi (5) revisi prototipe. Adapun cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah (1) penutur asli bahasa Jawa membutuhkan kamus pada aplikasi android untuk memudahkan belajar bahasa Jawa (2) aplikasi kamus umum Jawa-Indonesia dan Indonesia-Jawa berbasis audiolingual (pelafalan) mencakup tiga aspek yaitu materi, sistem operasional dan desain (3) hasil uji validasi prototipe kamus menyebutkan bahwa kamus ini sudah pantas dan layak digunakan untuk masyarakat khususnya pengguna android, tetapi masih ada beberapa bagian yang harus diperbaiki. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disampaikan saran, yaitu (1) supaya bisa dikembangkan lagi mengenai kamus dengan sistem online agar kosakatanya banyak dan lengkap (2) agar pada penelitian selanjutnya dapat ditambahkan fonetis untuk menyempurnakan kamus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model, kamus audiolingual, Jawa-Indonesia, android.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2016 18:35
Last Modified: 25 Jan 2016 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item