ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 GUNTUR
KHANNATUL FITRIYANI , 4101404584 (2009) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 GUNTUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK URAIAN PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 GUNTUR)
- Published Version
Download (749kB) | Preview |
Abstract
Sebagian peserta didik mengangap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, karena anggapan itulah maka peserta didik merasa kesulitan untuk mempelajari matematika. Pada saat mereka dihadapkan dengan suatu permasalahan matematika, mereka merasa kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Mengingat begitu pentingnya strategi dalam pemahaman konsep matematika,pemahaman prosedur/langkah, dan pemahaman ketrampilan komputasi, maka untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuannya tersebut sangat diperlukan langkah-langkah yang dapat mempermudah pemahaman dan penyelesaian masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kesalahan yang dihadapi siswa dalam hal pemahaman konsep, prosedur/langkah, dan ketrampilan komputasi, untuk mengetahui seberapa besar presentase kesalahan yang dilakukan siswa tersebut, serta untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswaberdasarkan hasil wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Enam soal tersebut yang termasuk dalam kategori valid. Instrumen penelitian diteskan pada populasi yang berjumlah 48 siswa kemudian dari 48 siswa diambil 6 siswa sebagai subjek penelitian dengan kriteria 2 siswa dari kelompok atas 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa dari kelompok bawah yang masing-masing siswa memiliki kesalahan terbanyak dari kelompoknya. Kemudian 6 siswa tersebut diwawancarai untuk mengetahui dan menangkap secara langsung seluruh informasi dari seluruh subjek penelitian. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal yaitu tahap pemahaman konsep hanya 15% dari jumlah siswa kelas X-3 yang melakukan kesalahan. Tahap memahami langkah/prosedur terdapat 41% dari jumlah siswa kelas X-3 yang melakukan kesalahan. Tahap melaksanakan komputasi/hitungan terdapat 63% dari jumlah siswa kelas X-3 yang melakukan kesalahan Sebagian besar kesalahan ini disebabkan karena siswa kurang memahami soal yang diberikan. Oleh karena itu, disarankan agar guru hendaknya memberikan penambahan tugas atau latihan soal, Guru hendaknya lebih meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan hasil penelitian ini hendaknya digunakan untuk refleksi bagi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 May 2011 00:53 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2314 |
Actions (login required)
View Item |