KARAKTERISTIK GAMBAR EKSPRESI KARYA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02)

Anwar Burhanudin, 2401411037 (2015) KARAKTERISTIK GAMBAR EKSPRESI KARYA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KARAKTERISTIK GAMBAR EKSPRESI KARYA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02)) - Published Version
Download (3462Kb)

    Abstract

    Menggambar merupakan media berekspresi dan berimajinasi bagi anak. Anak dapat menuangkan kemauan, ide, imajinasi, keinginan, atau gagasan pada gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 Kabupaten Semarang berdasarkan periodisasi perkembangan seni rupa anak? (2) bagaimana karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 Kabupaten Semarang berdasarkan tipe gambar anak? dan (3) bagaimana karakteristik gambar yang diwujudkan oleh siswa MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 Kabupaten Semarang berdasarkan bentuk ungkapan gambar anak?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Sasaran dalam penelitian ini adalah karakteristik gambar siswa di MI Nyatnyono 02 dan SDN Nyatnyono 02 berdasarkan periodisasi, tipe, dan bentuk ungkapan gambar anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik gambar ekspresi siswa di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02 berdasarkan perkembangan seni rupa anak menunjukkan tiga tahap perkembangan, yaitu pra-bagan, bagan, dan realisme awal. Sebagian besar gambar yang dihasilkan oleh siswa di kedua sekolah menunjukkan tahap bagan. Karakteristik gambar siswa berdasarkan tipe gambar anak di SDN Nyatnyono 02 dan MI Nyatnyono 02 menunjukkan tiga tipe gambar yaitu tipe visual, haptik, dan tipe campuran. Gambar yang dihasilkan oleh siswa di kedua sekolah sebagian besar menampilkan gambar bertipe visual. Karakteristik gambar siswa berdasarkan bentuk ungkapan gambar anak menunjukkan bentuk ungkapan dimensi, pengulangan, penumpukan, perebahan, tutup-menutup, perspektif burung, dan pengecilan. Sebagian besar karya siswa di kedua sekolah menunjukkan bentuk ungkapan pengulangan. Beberapa saran yang dapat dikemukakan adalah kegiatan menggambar hendaknya dilakukan dengan merangsang kebebasan anak dalam mengungkapkan imajinasi dan keberanian anak. Diharapkan tenaga pengajar menambah ilmu pengetahuannya mengenai hal-hal yang mendukung perkembangan kreativitas anak didik khususnya mengenai kegiatan menggambar. Guru perlu mengajak siswa untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan di bidang seni rupa khususnya menggambar. Pihak sekolah hendaknya membuat mading untuk menunjang hasil karya siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Menggambar, Karakteristik Gambar Ekspresi, Siswa SD dan MI.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Jan 2016 12:16
    Last Modified: 25 Jan 2016 12:16

    Actions (login required)

    View Item