FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENDERITA HIPERTENSI DALAM MENJALANI PENGOBATAN (Studi Kasus di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang)

Exa Puspita, 6411411036 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENDERITA HIPERTENSI DALAM MENJALANI PENGOBATAN (Studi Kasus di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENDERITA HIPERTENSI DALAM MENJALANI PENGOBATAN (Studi Kasus di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang)) - Published Version
Download (1966Kb)

    Abstract

    Hipertensi merupakan penyakit yang memerlukan terapi jangka panjang, sehingga diperlukan kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatan untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko komplikasi. Angka kepatuhan melakukan pengobatan di Puskesmas Gunungpati tahun 2014 hanya sebesar 13% dan angka ketidakpatuhan sebesar 86%. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 620 pasien. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 84 respondendengan cara accidental sampling. Pengukuran kepatuhan dilakukan dengan menggunakan kuesioner MMAS (Modified MoriskyAdherence Scale). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor tingkat pendidikan terakhir (p=0,000), lama menderita hipertensi (p=0,005), tingkat pengetahuan tentang hipertensi (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,000), peran petugas kesehatan (p=0,000), motivasi berobat (p=0,000) memiliki hubungan dengan kepatuhan dalam menjalani pengobatan hipertensi. Faktor jeniskelamin,status pekerjaan, keikutsertaan asuransi kesehatan dan keterjangkauan akses ke pelayanan kesehatan tidak berhubungan dengan kepatuhan dalam menjalani pengobatan hipertensi (p>0,05).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hipertensi; Kepatuhan Pengobatan; MMAS
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Jan 2016 11:52
    Last Modified: 25 Jan 2016 11:52

    Actions (login required)

    View Item