HUBUNGAN KEBIASAAN MENGGUNAKAN BAHASA JAWA DENGAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS LEGENDA


Ayu Amalia , 2601411069 (2015) HUBUNGAN KEBIASAAN MENGGUNAKAN BAHASA JAWA DENGAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS LEGENDA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601411069.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menceritakan kembali teks legenda merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Jawa kelas VIII. Masalah yang muncul di SMP N 27 Semarang yaitu nilai siswa yang kurang maksimal, salah satu alasannya karena tidak semua siswa menggunakan bahasa Jawa ketika berbicara dengan teman, sehingga membuat siswa sulit menggunakan bahasa Jawa ketika menceritakan kembali teks legenda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dengan teman terhadap kemampuan menceritakan kembali teks legenda dan berapa keeratannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dengan teman terhadap kemampuan menceritakan kembali teks legenda dan mengetahui keeratannya. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi dengan menggunakan dua variabel yaitu kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dengan teman (X) dan kemampuan menceritakan kembali teks legenda (Y). Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan dengan pearson correlation dan menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang kuat antara kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dengan teman terhadap kemampuan menceritakan kembali teks legenda siswa kelas VIII SMP N 27 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan pearson correlation atau nilai keeratan sebesar 0,908 atau 90,8%. Kesimpulan penelitian ini adalah masih sedikit siswa yang sering menggunakan bahasa Jawa dengan teman yaitu sebesar 29% dan hanya 11% siswa yang mendapat nilai tinggi ketika menceritakan kembali teks legenda, serta ada hubungan yang kuat antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,908. Saran yang diberikan dalam penelitian ini kepada orang tua dan sekolah untuk membiasakan siswa menggunakan bahasa Jawa khususnya dengan teman. Bagi siswa, seharusnya dapat meningkatkan kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dengan teman agar dapat membantu siswa khususnya dalam pelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, kebiasaan, teman, menceritakan kembali, dan legenda
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2016 17:12
Last Modified: 25 Jan 2016 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item View Item