HUBUNGAN ANTARA LAMA KERJA DENGAN KELELAHAN PADA PEKERJA KONSTRUKSI DI PT. NUSA RAYA CIPTA SEMARANG

Dyah Dewi Hastuti , 6411411206 (2015) HUBUNGAN ANTARA LAMA KERJA DENGAN KELELAHAN PADA PEKERJA KONSTRUKSI DI PT. NUSA RAYA CIPTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA LAMA KERJA DENGAN KELELAHAN PADA PEKERJA KONSTRUKSI DI PT. NUSA RAYA CIPTA SEMARANG) - Published Version
Download (1352Kb)

    Abstract

    Lama kerja yang melebihi ketentuan dapat menyebabkan kelelahan kerja. Kelelahan kerja didefinisikan sebagai suatu kondisi yang timbul pada setiap individu yang tidak sanggup lagi untuk melakukan aktivitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lama kerja dengan kelelahan pada pekerja proyek PT. Nusa Raya Cipta Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 55 pekerja dengan sampel sebanyak 35 pekerja (menggunakan teknik purposive sampling). Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan reaction timer. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan α=0,05). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara lama kerja dengan kelelahan pada pekerja konstruksi PT. Nusa Raya Cipta (p=0,002 ). Saran yang diberikan kepada pekerja yaitu pekerja harus mengoptimalkan waktu istirahatnya serta melakukan peregangan otot di sela-sela pekerjaan. Untuk perusahaan supaya adanya batasan jam kerja maksimal 8 jam/hari dan menghimbau pekerja untuk berolahraga sebelum bekerja.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lama Kerja, Kelelahan, Pekerja Konstruksi
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Jan 2016 08:41
    Last Modified: 25 Jan 2016 08:41

    Actions (login required)

    View Item