PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII


Toto Wijoyo, 2303411051 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING  BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE  UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB  SISWA MTs KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari badan pusat statistic (BPS), salah satu permasalahan siswa adalah kesulitan dalam pembelajaran membaca yang disebabkan oleh minat baca siswa sangat sedikit. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca siswa. Salah satunya dengan Media E-Learning. Ada beberapa kelebihan dari media E-Learning dibandingkan dengan metode konvensional. Salah satu kelebihan utama media E-Learning adalah terdapat rute belajar yang dapat menuntun siswa dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire, dan (4) mengetahui efektivitas media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media E-Learning berbasis aplikasi Lectora Inspire dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media E-Learning yang memuat SK dan KD, Rute Belajar, Kosakata, Bacaan, Tata Bahasa, dan Evaluasi. Pada media ini terdiri empat tema, yaitu profesi (المهنة), hobi (الهواية), dan aktifitas di rumah (انشطتي في البيت). Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, audio, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 18,158 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 35,05. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1,711 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Media, dan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 12:53
Last Modified: 25 Jan 2016 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23121

Actions (login required)

View Item View Item