PEMANFAATAN GYPSUM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN UKIR MOTIF GEOMETRIS SISWA KELAS VII SMP AL MADINA WONOSOBO

Agustina Fita Arumsari , 2401410033 (2015) PEMANFAATAN GYPSUM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN UKIR MOTIF GEOMETRIS SISWA KELAS VII SMP AL MADINA WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2102Kb)

    Abstract

    Pembelajaran seni rupa di SMP Al Madina Wonosobo masih berupa kegiatan pembelajaran yang monoton atau tidak menarik.Oleh sebab itu perlu adanya pembelajaran yang menarik agar mampu mengembangkan kreativitas siswa dalam berkarya seni.Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran mengukir pada gypsum dengan motif geometris. Rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometris siswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo?, bagaimana hasil dari pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometrissiswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo? dan apa faktor penghambat dan pendukung dalampemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometris siswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo?. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SMP Al Madina Wonosobo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut: (1) pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometris melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap evaluasi meliputi penyusunan RPP yang berisi mengenai tujuan dari pembelajaran, materi, metode, strategi, dan evaluasi pembelajaran. tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan rancangan pembelajaran. Setelah pelaksanaan pembelajaran, tahap akhir yaitu evaluasi pembelajaran. Evaluasi mencakup 3 aspek yaitu ide atau gagasan, bentuk karya, dan proses pembuatan. selain aspek penilaian tahap evaluasi menggunakan 3 penilai yang terdiri dari guru seni budaya SMP Al Madina Wonosobo, Guru Seni Budaya SMA Muhammadiyah Wonosobo, dan peneliti, (2) hasil yang diperoleh siswa dalam mengukir pada gypsum motif geometris menunjukkan kriteria baik pada pengamatan proses I dengan nilai ratarata kelas 76,8 dan pada pengamatan proses II dengan nilai rata-rata kelas 81,3, (3) faktor yang mendukung dari pembelajaran mengukir pada gypsum motif geometris adalah antusias siswa dalam berkarya seni dan kemampuan siswa dalam berkarya seni yaitu mengukir pada gypsum. Faktor yang menghambat pembelajaran mengukir pada gypsum adalah kurang rasa percaya diri pada siswa saat berkarya dan alokasi waktu dalam berkarya yang masih terbatas.Saran yang direkomendasikan adalah sebagai berikut. Pertama guru sebaiknya memberikan motivasi kepada siswa saat berkarya, kedua guru lebih banyak dalam menampilkan contoh dari karya seni rupa kepada siswa, ketiga mengatur alokasi waktu pada saat merencanakan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Gypsum, Pembelajaran, Ukir, Motif Geometris
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    N Fine Arts > NA Architecture
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 25 Jan 2016 07:19
    Last Modified: 25 Jan 2016 07:19

    Actions (login required)

    View Item