KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN PAIRS CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII
Zahid Abdush Shomad , 4101410107 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN PAIRS CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN PAIRS CHECK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Salah satu kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan penalaran matematis. Untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa diperlukan pembelajaran yang menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan mengaktifkan siswa menggunakan daya nalarnya. Alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memenuhi hal tersebut adalah Pairs Check dan CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Pairs Check dan CORE dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dengan Cluster Random Sampling. Terpilih 3 kelas, 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen 1 diberi perlakuan berupa model pembelajaran CORE, kelas eksperimen 2 diberi perlakuan berupa pembelajaran model Pairs Check sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi dan metode tes untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis sisws. Analisis data kemampuan penalaran matematis meliputi uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov, uji proporsi, uji One Way Anova dan uji lanjut Tukey. Hasil penelitian adalah (1) model pembelajaran CORE efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) model pembelajaran Pairs Check efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan (3) Model pembelajaran Pairs Check lebih efektif dibandingkan model pembelajaran CORE dalam hal kemampuan penalaran matematis siswa. Saran untuk penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan model pembelajaran CORE dan Pairs Check dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Selanjutnya peneliti menyarankan untuk lebih memperhatikan pengelolaan waktu dalam menerapkan model pembelajaran CORE dan Pairs Check.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan; pembelajaran model Pairs Check; pembelajaran model CORE; kemampuan penalaran matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 12:14 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 12:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23114 |
Actions (login required)
View Item |