STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TAI DAN MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 8 SEMARANG PADA MATERI KUBUS DAN BALOK


Tri Lusi Hartati , 4101410078 (2014) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TAI DAN MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 8 SEMARANG PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TAI DAN MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 8 SEMARANG PADA MATERI KUBUS DAN BALOK]
Preview
PDF ( STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TAI DAN MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 8 SEMARANG PADA MATERI KUBUS DAN BALOK) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran matematika dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pembelajaran yang menciptakan pengalaman belajar siswa untuk aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran model TAI dan pembelajaran model CIRC. Tujuan penelitian ini adalah(1)untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model TAI mencapai ketuntasan belajar; (2) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model CIRC mencapai ketuntasan belajar; (3) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model TAIlebih baik daripada dengan model CIRC. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 8 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposivesampling. Siswa kelas VIII B terpilih sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VIII C terpilih sebagai kelas eksperimen II. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Data hasil penelitian tersebut selanjutnya dianalisis untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen I dengan model TAIdan kelas eksperimen II dengan model CIRCmencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen I lebih baik daripada eksperimen II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis matematika dengan model pembelajaran TAI dan CIRCmencapai ketuntasan belajar dan kemampuan komunikasi matematis matematika siswa dengan model TAI lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis matematika dengan model CIRC. Disarankan bahwa model pembelajaran TAIdanCIRCdapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis; model pembelajaran CIRC; modelpembelajaran TAI; studi komparatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 12:05
Last Modified: 25 Jan 2016 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23113

Actions (login required)

View Item View Item