KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Restianah Allukmana , 2303411036 (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411036.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada hakekatnya dalam pembelajaran bahasa Arab ada empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun pada kenyataannya siswa masih mengalami banyak kesukaran dalam keterampilan tersebut. Penelitian ini mengkhususkan pada kesukaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penyebab kesukaran siswa dalam keterampilan berbicara bahasa Arab antara lain karena mayoritas siswa berasal dari lulusan Sekolah Dasar dan karena media yang diterapkan oleh guru tidak menarik perhatian siswa, sehingga terkesan membosankan. Dengan demikian, perlu adanya alternatif media untuk mengekspresikan diri dan kerjasama dengan temannya, salah satunya yaitu dengan media permainan monopoli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan media permainan monopoli terhadap keterampilan bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang, (2) bagaimana perubahan sikap siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 semarang Tahun ajaran 2014/2015 setelah menggunakan media Permainan Monopoli terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keefektifan media permainan monopoli terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang, (2) untuk mengetahui perubahan sikap siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 semarang Tahun ajaran 2014/2015 setelah menggunakan media Permainan Monopoli terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberi pretes dan postes hanya kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (media permainan monopoli). Data dihitung menggunakan uji validitas instrumen, reliabilitas instrument, uji normalitas dan uji t untuk membuktikan hipotesis peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan memanfaatan media permainan monopoli. Nilai rata-rata kelas ekperimen 75,55 menjadi 80,15 dan niai rata-rata kelas kontrol 75,9 menjadi 77,7 dan diperoleh 3,78 dan 2,68 karena . Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternatif ( ) yaitu media permainan monopoli efektif terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Media Permainan Monopoli
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:59
Last Modified: 25 Jan 2016 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23110

Actions (login required)

View Item View Item