ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA ANGKATAN 2012 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM PENGGUNAAN MODALITAS TOUI PADA KALIMAT


Cahyani Adi Ajeng Sekarini , 2302411016 (2015) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA ANGKATAN 2012 PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM PENGGUNAAN MODALITAS TOUI PADA KALIMAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411016.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara untuk menyampaikan maksud dan perasaan dalam bahasa adalah melalui modalitas. Dalam bahasa Jepang, modalitas dibagi menjadi beberapa golongan, salah satunya adalah modalitas toui. Modalitas ini memiliki beberapa bentuk yang memiliki struktur dan makna yang mirip, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam menggunakan bentuk modalitas yang tepat. Dari hasil studi pendahuluan dengan memberikan angket kepada 25 mahasiswa PBJ UNNES angkatan tahun 2012, 40% menyatakan bahwa modalitas dalam bahasa Jepang yang sulit dipelajari yaitu modalitas toui. Dari yang menjawab sulit dalam menggunakan modalitas toui, 60% siswa mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam membedakan penggunaan ungkapan yang maknanya mirip, 20% kesulitan dalam memahami ungkapan, sisanya kesulitan dalam menerjemahkan kalimat dan membuat kalimat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel yang diteliti adalah 30 mahasiswa PBJ UNNES angkatan 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil data tes, diketahui kesalahan dalam penggunaan modalitas toui, yaitu kesalahan pada penggunaan bentuk modalitas toui yang memiliki fungsi lebih dari satu, kesalahan dalam pembentukan kalimat yang mengandung bentuk beki da, kesalahan dalam menggunakan bentuk modalitas toui yang memiliki kemiripan arti dan fungsi yang sama, kesalahan dalam menggunakan bentuk koto da yang memiliki penanda subjek yang berbeda, dan kesalahan dalam pembentukan kalimat yang mengandung bentuk beki da. Sedangkan faktor penyebabnya yaitu mahasiswa tidak memahami fungsi dari masing-masing bentuk modalitas, tidak memahami penggunaan partikel pada kalimat yang mengandung modalitas beki da, terkecoh dengan modalitas lain yang memiliki padanan kata yang sama dalam bahasa Indonesia, tidak memahami konteks kalimat sebelumnya yang menjadi petunjuk jawaban, tidak memahami pembentukan kalimat yang mengandung bentuk beki da, tidak memperhatikan subjek dalam kalimat, dan tidak bisa membedakan fungsi mono yang memiliki kemiripan fungsi dengan beki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, penggunaan modalitas toui, mahasiswa PBJ UNNES
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:54
Last Modified: 25 Jan 2016 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item