KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MATERI GEOMETRI KELAS VII


Nana Umi Latifah , 4101410028 (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MATERI GEOMETRI KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MATERI GEOMETRI KELAS VII]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK MATERI GEOMETRI KELAS VII) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Dengan mengkomunikasikan ide-ide matematikanya kepada orang lain, seorang peserta didik dapat meningkatkan pemahamannya mengenai materi tersebut. Maka sudah selayaknya komunikasi matematik mendapatkan perhatian khusus dalam pembelajaran matematika. Perlu diterapkan pembelajaran yang memberi perhatian lebih pada komunikasi pada pelajaran matematika, yang dalam penelitian ini kita sebut sebaai komunikasi matematik. Salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran AIR dengan Pendekatan RME. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keefektifanpembelajaran model AIR dengan pendekatan RME terhadap kemampuan komunikasi matematikpeserta didik; (2) untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model AIR dengan pendekatan RME terhadap kemampuan komunikasi matematik terkait dengan tingkat kemampuan awal rendah, sedang maupun tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Blora tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik simplerandom sampling dan terpilih 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan 37 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui metode tes. Analisis data kemampuan komunikasi matematik meliputi uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas dengan uji Levene, dan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan pihak kanandengan Independent Samples T-test. Simpulan yang diperoleh adalah (1) penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME efektif terhadap kemampuan komunikasi matematikpeserta didik; (2) penerapan model pembelajaran AIR dengan pendekatan RME efektif terhadap kemampuan komunikasi matematikpada peserta didik berkemampuan awal tinggi. Namun kurang efektif penerapannya pada peserta didik berkemampuan awal rendah dan sedang. Peneliti menyarankan bahwa guru perlu menambahkan beberapa variasi dan inovasi baru seperti penggunaan alat peraga atau media power point yang berkaitan dengan materi. Serta lebih sering mengontrol jalannya diskusi agar proses pembelajaran lebih efektif karena sering terjadi kegaduhan saat proses berkelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model AIR; pendekatan RME; komunikasi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:46
Last Modified: 25 Jan 2016 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item