ANALISIS DENGAN PROSEDUR NEWMAN TERHADAP KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA


Titis Satiti , 4101410013 (2014) ANALISIS DENGAN PROSEDUR NEWMAN TERHADAP KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DENGAN PROSEDUR NEWMAN TERHADAP KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA]
Preview
PDF (ANALISIS DENGAN PROSEDUR NEWMAN TERHADAP KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran membuat kesalahan pada saat mengerjakan soal pemecahan masalah materi keliling dan luas daerah segiempat. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab hal tersebut terjadi adalah dengan menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis dan penyebab kesalahan peserta didik dengan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi keliling dan luas daerah segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 dari 33 peserta didik kelas VII-C, masing-masing terdiri atas 2 peserta didik dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Pengelompokkan didasarkan perangkingan hasil tes peserta didik, kemudian dipilih 2 peserta didik dengan nilai terendah pada masing-masing kelompok. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal materi keliling dan luas daerah segiempat. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Diperoleh simpulan, peserta didik berusaha untuk mengimplementasikan prosedur Newman saat mengerjakan soal matematika. Namun, karena kurang terbiasa, sering terjadi adanya langkah yang tidak dilakukan, yaitu pada langkah memahami masalah dan transformasi. Untuk jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik saat mengerjakan soal, tidak ada peserta didik yang melakukan jenis kesalahan membaca. Kesalahan baru dilakukan peserta didik pada saat memahami masalah. Jenis kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan dalam memahami masalah. Penyebabnya adalah karena tidak paham dengan kalimat dalam soal dan tidak terbiasa dengan soal-soal seperti yang peneliti berikan, yaitu soal yang membutuhkan penafsiran kebahasaan. Selain itu soal yang diberikan oleh peneliti dianggap terlalu sulit. Jenis kesalahan selanjutnya yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan kemampuan dalam memproses. Penyebabnya adalah karena kurang hati-hati dan terburu-buru dalam menjawab permasalahan yang diberikan, belum mampu mentransformasikan kalimat bahasa sehari-hari ke dalam persamaan matematika, salah dalam memahami konsep aljabar terkait dengan perbandingan dan tidak bisa menggunakan rumus Phytagoras, dan salah atau kurang teliti dalam memilih diagonal layang-layang yang seharusnya adalah sisi-sisi layang-layang. Beberapa solusi yang bisa digunakan untuk meminimalkan kesalahan peserta didik adalah memberikan penguatan kembali kepada peserta didik dalam bidang aljabar dan keterampilan dalam menafsirkan kalimat bahasa sehari-hari menjadi pernyataan matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, prosedur Newman, kesalahan, pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:39
Last Modified: 25 Jan 2016 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item