MODEL IMPLEMENTASI KULIAH KERJA NYATA TEMATIK PENUNTASAN BUTA AKSARA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2008 DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG


Tutur Aditama Hendra , 3301404051 (2009) MODEL IMPLEMENTASI KULIAH KERJA NYATA TEMATIK PENUNTASAN BUTA AKSARA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2008 DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL IMPLEMENTASI KULIAH KERJA NYATA TEMATIK PENUNTASAN BUTA AKSARA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2008 DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (MODEL IMPLEMENTASI KULIAH KERJA NYATA TEMATIK PENUNTASAN BUTA AKSARA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2008 DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (595kB) | Preview

Abstract

Problem pembangunan yang perlu mendapatkan perhatian serius dan partisipasi dari perguruan tinggi adalah percepatan penuntasan buta aksara di Jawa Tengah, yang menggunakan dana pemerintah yang besar. Salah satu penuntasan buta aksara yang efektif adalah dengan Kuliah Kerja Nyata. KKN Tematik PBA salah satunya dilaksanakan di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang terdapat beberapa model dalam penerapannya. Model tersebut antara lain, model privat untuk warga belajar yang tergolong dalam buta murni, model kelompok kecil untuk warga belajar yang tergolong dalam drop out kelas 1 dan 2 sekolah dasar dan model kelompok besar untuk warga belajar yang tergolong dalam drop out kelas 3 sekolah dasar, hal ini yang didasarkan alasan pemilihan sampel berstrata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan respon dan perbedaan peningkatan hasil belajar warga belajar pada kemampuan berhitung, membaca dan menulis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh model implementasi KKN tematik PBA UNNES tahun 2008 di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Sumber data berjumlah sebanyak 226 orang yang didapatkan dari disproportionate stratified random sampling dari 5 desa. Variabel dalam penelitian ini adalah respon warga belajar dan peningkatan hasil warga belajar. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif persentase dan analisis chi kuadrat dengan program SPSS version 12 for Windows. Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase diperoleh respon warga belajar terhadap pembelajaran berhitung rata-rata 77,53%, terhadap pembelajaran membaca rata-rata 77,37%, dan terhadap pembelajaran menulis rata-rata 78,01% semua dalam kategori baik. Peningkatan hasil belajar warga belajar semua dalam kategori rendah, terhadap pembelajaran berhitung rata-rata 44,10%, terhadap pembelajaran membaca rata-rata 36,69%, dan terhadap pembelajaran menulis rata-rata 46,82%. Peningkatan hasil belajar warga belajar yaitu dari kemampuan awal warga belajar yang sudah bisa untuk bisa ditingkatkan lagi. Berdasarkan uji chi kuadrat diperoleh skor 0.277 untuk respon warga belajar terhadap pembelajaran berhitung, chi kuadrat sebesar 0.000 untuk pembelajaran membaca, dan 0.009 untuk pembelajaran menulis. Dan untuk pembelajaran berhitung, model kelompok besar (20.48) berada dibawah model kelompok kecil (30.98) dan privat (30.55). Untuk kategori membaca, model kelompok kecil (20.38) berada di bawah model privat (24.66) dan model kelompok besar (22.09). Untuk pembelajaran menulis, model kelompok besar (22.31) berada dibawah model privat (37.51) dan kelompok kecil (29.74). Selanjutnya, untuk lebih meningkatkan keberhasilan model implementasi KKN tematik PBA, perlu dioptimalkan lagi dengan tutor KKN tematik PBA bisa memberikan penghargaan bagi warga belajar yang aktif mengikuti proses pembelajaran dan yang berprestasi, sehingga warga belajar aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran dan akan bersaing untuk meningkatkan prestasinya. Hendaknya peran tutor KKN lebih dioptimalkan, serta bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian dengan variabel berbeda. Contohnya dengan meneliti variabel keefektifan dan jadwal pelaksanaan kegiatan KKN Tematik PBA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model KKN, Penuntasan Buta Aksara
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 08:26
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item