Penerapan Strategi REACT Dengan Pendekatan Education Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP IT Bina Amal Semarang


Samsul aziz , 4101407076 (2014) Penerapan Strategi REACT Dengan Pendekatan Education Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP IT Bina Amal Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Strategi REACT Dengan Pendekatan Education Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP IT Bina Amal Semarang]
Preview
PDF (Penerapan Strategi REACT Dengan Pendekatan Education Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas VIII SMP IT Bina Amal Semarang) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil tes awal yang peneliti lakukan pada siswa SMP IT Bina Amal Semarang menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa termasuk kategori kurang. Hal tersebut disebabkan pembelajaran matematika yang dilakukan pada sekolah tersebut masih berpusat pada guru dan bersifat konvensional. Sehingga dalam pembelajaran matematika kurang memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan matematis terutama dalam berpikir kritis. Oleh karena itu perlu adanya inovasi pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan pembelajaran menggunakan strategi REACT dengan pendekatan Education Games nilai kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai nilai rata-rata 75, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dan lebih baik dari pembelajaran konvensional, serta respon siswa terhadap pembelajaran strategiREACT dengan pendekatan Education Games positif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Bina Amal Semarang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling sehingga terpilih kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa telah mencapai rata-rata 75, dengan thitung = -11,32 dan ttabel = 1,76. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran strategi REACT dengan pendekatan Education Games lebih baik siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional denganthitung = 2,18 dan ttabel = 1,75. Respon siswa positif terhadap pembelajaran strategi REACT dengan pendekatan Education Games dengan a = 3,78. Simpulan penelitian ini yaitu nilai kemampuan berpikir kritis telah mencapai ketuntasan 75, kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan strategi REACT dengan pendekatan Education Games meningkat dan lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, serta respon siswa terhadap model pembelajaran strategi REACT dengan pendekatan Education Games positif. Saran untuk diperhatikan dalam penerapan strategi REACT dengan pendekatan Education Games, guru lebih memperhatikan waktu, kemampuan berpikir kritis siswa, serta keaktifan siswa dalam penyelesaian masalah dan diskusi agar menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, education games, strategi REACT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:30
Last Modified: 25 Jan 2016 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23099

Actions (login required)

View Item View Item