PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XISMA NEGERI 14 SEMARANG
Waridi , 4301410077 (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XISMA NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
![]() Preview |
PDF (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kimia pada umumnya menuntut siswa mempelajari konsep-konsep dan hitungan matematis kimia. Hal ini yang menyebabkan beberapa siswa menganggap pelajaran kimia sulit. Namun, pembelajaran kimia akan menjadi mudah jika metode pembelajaran yang digunakan tepat. Pemilihan metode pembelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan pada mata pelajaran kimia materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan ialah model Learning Cycle berorientasi Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Learning Cycle berorientasi Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan SMA N 14 Semarang dan apabila ada perbedaan, berapa besar pengaruh model pembelajaran Learning Cycle berorientasi Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 SMA N 14 Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol diberi metode Ceramah dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen diberi model Learning Cycle berorientasi Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai post test kelas kontrol 77,93 dengan ketuntasan klasikal 33% dan kelas eksperimen 70,77 dengan ketuntasan klasikal 60%. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama, sedangkan pada uji koefisien korelasi biserial sebesar 0,498 .Pada uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 24,84% yang berarti besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle berorientasi Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa materi pokok larutan kelarutann dan hasil kali kelarutan adalah sebesar 24,84%. Simpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Learning Cycle berorientasi Problem Based Learning mempengaruhi hasil belajar siswa SMA N 14 Semarang kelas XI semester 2 materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Learning Cycle, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 11:10 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 11:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |