EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA


WAHYU HIDAYATULLOH MUHAIMINU , 4301410069 (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Treffinger berbantuan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Model pembelajaran Treffinger berbantuan LKS membantu siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan didapat kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Instrumen dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, LKS, lembar pengamatan aspek afektif, lembar pengamatan aspek psikomotorik, tes hasil belajar kognitif. Uji statistika yang digunakan adalah uji normalitas, kesamaan dua varians, hipotesis dan ketuntasan hasil belajar. Hasil posttest kelas eksperimen rata-rata 80,72 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata 71,17. Berdasarkan data tersebut persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen sebesar 87,5 % dan pada kelas kontrol sebesar 40,63 %. Kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal tetapi pada kelas kontrol belum mencapai ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Treffinger berbantuan lembar kerja siswa efektif terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Saran yang diberikan adalah sebelum melakukan penelitian hendaknya memeriksa kelengkapan alat dan bahan praktikum, model pembelajaran Treffinger berbantuan lembar kerja siswa sebaiknya juga diterapkan pada materi kimia yang lain agar model pembelajaran tersebut dapat berkembang dan bermanfaat untuk kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; Treffinger
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:07
Last Modified: 25 Jan 2016 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item View Item