PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KARAKTER

Dita Anggraini Surbakti , 4301410041 (2014) PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KARAKTER) - Published Version
Download (1837Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kimia berbasis teknologi informasi dan karakter terhadap pencapaian kompetensi pada siswa SMK.Penelitian dilakukan di SMK Assalamah Pati tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini siswa kelas X TMO. Desain yang digunakan yaitu one group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh/ sensuskarena semua anggota populasi merupakan sampel dan sampel kurang dari 30 orang. Sampel terdiri dari 22 orang.Metode pengumpulan data adalah tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kognitif sebesar 79,1 diatas batas nilai minimal 70 dengan N- Gain sebesar 0,68 dalam kategori cukup. Ketuntasan belajar klasikaldalam kategori tinggi dengan 20dari 22 siswa tuntas. Rata- rata skor diskusi, psikomotorik, dan afektif sebesar 18, 13, dan 31 dalam kategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata karakter sebesar21dengan kategori baik.Kesimpulan penelitian ini yaitu pembelajaran kimia berbasis teknologi informasi dan karakter efektif terhadap hasil belajar siswa pada pencapaian kompetensi konsep mol. Nilai karakter yang muncul diantaranya aktif, bekerjasama, rasa ingin tahu,tanggung jawab, kritis, percaya diri, demokratis, dan terampil.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Karakter ; Pembelajaran Berbasis TIK
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Jan 2016 05:55
    Last Modified: 25 Jan 2016 05:55

    Actions (login required)

    View Item