KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING DENGAN KOOPERATIF BERBASIS ACTIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA


Ahmad Nasrulloh , 4301410014 (2014) KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING DENGAN KOOPERATIF BERBASIS ACTIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING DENGAN KOOPERATIF BERBASIS ACTIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA]
Preview
PDF (KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING DENGAN KOOPERATIF BERBASIS ACTIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis quantum learning dengan kooperatif berbasis active learning. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test group design dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive random sampling karena pertimbangan guru dilihat dari nilai hasil ujian semester 1 bahwa kedua kelas merupakan kelas yang berkemampuan kurang baik dibandingkan dengan kelas lainnya. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan rata-rata nilai post-test secara signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 setelah keduanya diberikan perlakuan yang berbeda pada materi yang sama. Hasil belajar kognitif diperoleh dari pre-test dan post-test masing-masing kelas eksperimen. Hasil menunjukkan adanya peningkatan dari skor pre-test dan post-test pada kedua kelas eksperimen tersebut dengan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 1 (quantum learning) 40,37 meningkat menjadi 75,71 pada post-test dan kelas eksperimen 2 (active learning) 39,76 meningkat menjadi 74,61. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran quantum learning dan active learning dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar kimia aspek kognitif yang diberi pembelajaran quantum learning tidak lebih baik dibandingkan yang diberi pembelajaran active learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Active learning; Hasil belajar; Quantum learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 10:50
Last Modified: 25 Jan 2016 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23089

Actions (login required)

View Item View Item