PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM


Yuli Atriyanti , 4301410003 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketercapaian kompetensi dasar siswa dengan penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada materi hidrolisis garam. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 1 Tengaran dengan subjek siswa kelas XI IPA. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2014. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan model eksperimen pretest-posttest group design. Teknik pengambilan data melalui metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan uji Normalized Gain (N-gain) dan uji t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan ketercapaian kompetensi dasar siswa terhadap materi hidrolisis garam. Hasil uji N-gain untuk kelas ekperimen sebesar 0,24 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,16. Uji t-tes menunjukan nilai t-hitung sebesar 2,00 sementara t-kritis sebesar 0,063 sehingga bisa disimpulkan bahwa ketercapaian kompetensi dasar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ketercapaian; kompetensi dasar siswa; Predict-Observe-Explain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 10:45
Last Modified: 25 Jan 2016 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23088

Actions (login required)

View Item View Item