PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK GRAFIKA BAKTI NUSANTARA
FERDIAN MAHENDRA ALFARIZI , 4301407063 (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK GRAFIKA BAKTI NUSANTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK GRAFIKA BAKTI NUSANTARA)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil observasi di SMK Grafika Bakti Nusantara menunjukkan adanya minat belajar mata pelajaran kimia yang masih rendah karena siswa menganggap kimia susah dan sukar dipahami. Salah satu model pembelajaran CIRC menggunakan media berbasis website merupakan model pembelajaran yang didalamnya siswa dituntut kerjasama antar kelompok heterogen untuk memecahkan suatu masalah atau soal. Adanya media pendukung berbasis website yaitu laboratorium komputer beserta koneksi internet menjadi dasar pemilihan SMK Grafika Bakti Nusantara untuk menerapkan model pembelajaran CIRC dengan media berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran CIRC dengan media berbasis website terhadap hasil belajar siswa, berapakah besar pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC dengan media berbasis website terhadap hasil belajar siswa dan bagaimana tanggapan mengenai model pembelajaran CIRC dengan media berbasis website. Peneliti menggunakan prosedur research and development menurut sugiyono yang telah dimodifikasi. Besarnya pengaruh penerapan metode CIRC berbasis website terhadap hasil belajar materi pokok hukum-hukum dasar dan perhitungan kimia kelas siswa X semester 2 SMK Grafika Bakti Nusantara sebesar 38,06 %. Hasil angket tanggapan siswa menyatakan bahwa sebagian besar siswa tertarik dengan pembelajaran reaksi hukum-hukum dasar dan perhitungan kimia menggunakan metode CIRC berbasis website. Dari analisis hasil angket tanggapan siswa, sebesar 7,14% siswa menyatakan sangat setuju dan 66,67% menyatakan setuju dengan pembelajaran metode CIRC berbasis website yang membuat siswa menjadi semakin mudah belajar kimia pada materi pokok hukum-hukum dasar dan perhitungan kimia. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pada nilai pos tes siswa kelas eksperimen yang mencapai ketuntasan 95,24%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode CIRC, Media Berbasis Website dan model pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 10:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 10:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23085 |
Actions (login required)
View Item |