PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LIMBAH PABRIK GULA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 JEKULO


Noor Hidayatul Isnaini , 4401410090 (2014) PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LIMBAH PABRIK GULA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 JEKULO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LIMBAH PABRIK GULA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 JEKULO]
Preview
PDF (PENGARUH PENDEKATAN INQUIRY MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR LIMBAH PABRIK GULA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 JEKULO) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Inquiry merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mengarahkan para peserta didik untuk mendapatkan jawabannya sendiri. Menurut Brickman (2009) pembelajaran dengan pendekatan inquiry dapat memberikan hasil yang signifikan dalam literasi sains, hasil belajar, dan keterampilan proses sains pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan pendekatan inquiry menggunakan limbah pabrik gula sebagai sumber belajar pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Jekulo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian true experimental design bentuk pretest-posttest control group design (Sugiyono 2012). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Jekulo yang terdiri dari sepuluh kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan X-10 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Hasil analisis uji t pihak kanan data nilai akhir diperoleh thitung = 2,79 > ttabel = 2,65 dengan taraf signifikan 1%, maka Ha diterima yang berarti bahwa nilai akhir kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa kelas yang diajar dengan pendekatan inquiry menggunakan sumber belajar dari limbah pabrik gula berbeda secara signifikan dibandingkan pembelajaran metode ceramah dan diskusi. Perolehan nilai aspek afektif siswa kelas eksperimen mencapai 87,22%, sehingga termasuk kriteria “sangat baik”, sedangkan kelas kontrol mencapai 80%, termasuk kriteria “baik”. Skor rata-rata aspek psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yaitu mencapai 15,64 > 13,69. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan pendekatan inquiry menggunakan sumber belajar limbah pabrik gula pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Jekulo Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inquiry, limbah pabrik gula, hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:56
Last Modified: 22 Jan 2016 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23078

Actions (login required)

View Item View Item