IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL CAMBRIDGE DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI: STUDI KASUS DI SAINT JOHN’S CATHOLIC SCHOOL SEMARANG


Monica Elisabeth , 4401410053 (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL CAMBRIDGE DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI: STUDI KASUS DI SAINT JOHN’S CATHOLIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL CAMBRIDGE DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI: STUDI KASUS DI SAINT JOHN’S CATHOLIC SCHOOL SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL CAMBRIDGE DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI: STUDI KASUS DI SAINT JOHN’S CATHOLIC SCHOOL SEMARANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurikulum mengakomodasi siswa untuk mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan siswa melalui pengalaman belajar. Kurikulum 2013 secara implisit mengikuti kurikulum internasional Cambridge, yang menitikberatkan kemampuan siswa dalam pemahaman, pengetahuan, keterampilan dan berpikir kritis. Keunggulan kurikulum Cambridge merupakan kurikulum internasional yang digunakan di lebih dari 150 negara. Melihat keunggulan dari kurikulum Cambridge inilah, maka dilakukan penelitian terhadap kurikulum internasional di sekolah internasional di Semarang. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi kurikulum internasional Cambridge di Saint John’s Catholic School bidang studi Sains (Biologi) dan mengetahui prestasi belajar siswa Saint John’s Catholic School. Pengumpulan data penelitian menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Metode analisis data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini berlokasi di Saint John’s Catholic School, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kota Semarang, Kepala Sekolah dan coordinator Bidang Kurikulum IGSCE Saint John’s Catholic School. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterlaksanaan silabus Cambridge di Saint John’s Catholic School bidang studi Sains (Biologi) sangat tinggi, proses pembelajaran di Saint John’s Catholic School berkualifikasi internasional, dan implementasi kurikulum internasional Cambridge memiliki dampak yang positif terhadap prestasi sekolah dan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa implementasi kurikulum internasional Cambridge di Saint John’s Catholic School sesuai dengan kurikulum internasional Cambridge dan berdampak positif terhadap pengelolaan pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KurikulumCambridge, implementasi, dampak, sekolah internasional, Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:52
Last Modified: 22 Jan 2016 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23076

Actions (login required)

View Item View Item