KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DENGAN PENERAPAN LKS BERBASIS SAINTIFIK DI SMA NEGERI 1 PATIMUAN

Eka Budi Septiana , 4401410059 (2014) KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DENGAN PENERAPAN LKS BERBASIS SAINTIFIK DI SMA NEGERI 1 PATIMUAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DENGAN PENERAPAN LKS BERBASIS SAINTIFIK DI SMA NEGERI 1 PATIMUAN) - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Sumber belajar siswa yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Patimuan berupa LKS yang berasal dari penerbit tertentu yang bukan buatan guru sendiri sehingga tidak dapat membantu siswa menemukan sendiri konsep biologi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran sistem pernapasan dengan penerapan LKS berbasis saintifik di kelas XI SMA Negeri 1 Patimuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest. Sampel dari penelitian ini adalah sampel populasi karena di SMA Negeri 1 Patimuan hanya terdapat satu kelas XI IPA. Siswa diberikan perlakuan dengan menerapkan LKS berbasis saintifik yang di dalamnya terdapat kegiatan praktikum dengan pendekatan saintifik. Dalam pendekatan saintifik terdapat kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Kualitas pembelajaran dengan penerapan LKS berbasis saintifik dapat diukur dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Data aktivtas siswa diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh melalui nilai LKS, nilai evaluasi (posttest) dan nilai laporan. Aktivitas siswa dianalisis dengan deskriptif persentase. Aktivitas siswa dianalisis dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat aktivitas siswa sebesar 82,81% dalam kategori aktif dan sangat aktif. Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 83 dengan ketuntasan belajar klasikal 96,87%. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa sebanyak 75% siswa mengalami pe-ningkatan hasil pre-test ke post-test dalam kategori tinggi. Disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran materi sistem pernapasan dengan penerapan LKS berbasis saintifik di kelas XI SMA Negeri 1 Patimuan dapat dinyatakan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Sistem pernapasan, Saintifik
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Jan 2016 06:46
    Last Modified: 22 Jan 2016 06:46

    Actions (login required)

    View Item