PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DONGENG YANG DIBACA DENGAN MODEL STRATTA MELALUI METODE TONGKAT BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 16 SEMARANG


Sutrianik, 2101411108 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DONGENG YANG DIBACA DENGAN MODEL STRATTA MELALUI METODE TONGKAT BERBICARA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411108.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis kembali dongeng merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik jenjang SMP. Keterampilan menulis kembali dongeng peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang belum dapat dikatakan baik secara keseluruhan. Keterampilan menulis kembali dongeng peserta didik masih rendah terutama pada aspek menentukan unsur-unsur dongeng/urutan alur dongeng. Nilai ketuntasan minimal yang ada belum mencapai 75. Hal ini dilatarbelakangi oleh model serta metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya motivasi peserta didik dalam menulis kembali dongeng. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis kembali dongeng peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang dapat menggunakan model Stratta melalui metode tongkat berbicara. Masalah yang diteliti adalah 1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis kembali dongeng dengan model Stratta melalui metode tongkat berbicara pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang; 2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis kembali dongeng dengan model Stratta melalui metode tongkat berbicara pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang dan; 3) bagaimanana perubahan perilaku peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang dalam pembelajaran menulis kembali dongeng dengan model Stratta melalui metode tongkat berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis kembali dongeng dengan model Stratta melalui metode tongkat berbicara pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis kembali dongeng dengan model Stratta melalui metode tongkat berbicara pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang dalam pembelajaran menulis kembali dongeng dengan model Stratta melalui metode tongkat berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis kembali dongeng peserta didik kelas VII C SMP Negeri 16 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis kembali dongeng dan penggunaan model Stratta melalui metode tongkat berbicara. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis kembali dongeng peserta didik. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik penggambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis kembali dongeng dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran menulis kembali dongeng berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa peserta didik yang kurang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu,hasil tes keterampilan menulis kembali dongeng mengalami peningkatan sebesar 9,84 atau sebesar 43,75%. Nilai siklus I peserta didik dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,95 dalam kategori cukup, setelah dilakukan tindakan siklus II mencapai 81,79 dengan kategori baik. Adapun perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut diwujudkan dengan senangnya peserta didik mengikuti pembelajaran menulis kembali dongeng, banyaknya peserta didik yang mengemukakan pendapat, dan motivasi peserta didik untuk dapat menulis kembali dongeng. Saran untuk guru Bahasa Indonesia agar dalam pengajaran menulis kembali dongeng, dapat menggunakan model Stratta melalui metode tongkat berbicara sebagai variasi dalam penggunaan strategi kegiatan belajar mengajar peserta didik. Peneliti lain hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan teknik, metode, dan model pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Kembali Dongeng, Model Stratta, Metode Tongkat Berbicara
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:35
Last Modified: 22 Jan 2016 11:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23070

Actions (login required)

View Item View Item