PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KASUS PENYAKIT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Trie Utami, 4401407059 (2014) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KASUS PENYAKIT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KASUS PENYAKIT PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA) - Published Version
Download (15Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran Biologi berbasis kasus penyakit pada materi sistem peredaran darah manusia.Produk hasil pengembangan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan alat evaluasi berorientasi pembelajaran berbasis kasus penyakit. Kemudian produk ini divalidasi oleh pakar setelah itu diuji cobakan di kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 2 Boyolali pada tahun ajaran 2013/2014 menggunakan desain penelitian quasi experimental design: nonrandomized control group, pretest–posttest design. Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pada materi sistem peredaran darah manusia meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, dan eksperimen namun, guru belum pernah mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan salah satu dari metode tersebut. Produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan sehingga dapat digunakan sebagai desain pembelajaran alternatif pada materi sistem peredaran darah manusia di SMAN 2 Boyolali.Penggunaan desain pembelajaran berbasis kasus penyakit pada sistem peredaran darah manusia berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif, tetapi masih sulit untuk mengatakan bahwa pembelajaran berbasis kasus berpengaruh terhadap hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, desain pembelajaran berbasis kasus penyakit, dan sistem peredaran darah manusia
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Jan 2016 06:30
    Last Modified: 22 Jan 2016 06:30

    Actions (login required)

    View Item