PEMANFAATAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT DOKUMEN MASSAL DENGAN MAIL MERGE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BAWEN
Agus Suprihanto , 5302411197 (2015) PEMANFAATAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT DOKUMEN MASSAL DENGAN MAIL MERGE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BAWEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMANFAATAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT DOKUMEN MASSAL DENGAN MAIL MERGE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BAWEN)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat mengubah model dan pola pembelajaran pada dunia pendidikan. Pembelajaran baik secara tatap muka, elearning, maupun kombinasi keduanya (blended learning), adalah proses yang melibatkan 3 aktivitas yang saling berkaitan satu sama lain, yakni: aktivitas presentasi, interaksi dan evaluasi. Model pembelajaran tradisional (tatap muka) yang memiliki batasan ruang dan waktu, dan kadang membuat siswa bosan menjadi salah satu faktor kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Pemanfaatan Schoology sebagai perangkat pengelolaan pembelajaran merupakan proses pembelajaran seperti menyampaiakan bahan pembelajaran, interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan proses melaksanakan evaluasi dilakukan secara online dengan memanfaatkan situs Schoology dan tatap muka. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X Mekanisasi Pertanian di SMK Negeri 1 Bawen yang berjumlah 95 siswa sedangkan sampelnya kelas X MP A dan X MP B yang berjumlah 62 siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil evaluasi untuk melihat keefektifan pengelolaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa, dan data hasil kuesioner untuk melihat tanggapan siswa tentang pembelajaran ini. Hasil validasi desain oleh pakar media dan materi menunjukan produk ini sangat valid, dengan rata-rata nilai 3,77 dan 3,63. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,61, sedangkan kelas kontrol sebesar 70,48. Hasil uji hipotesis sebesar 10,96 yang bernilai positif dan thitung ttabel = 4,105>1,670 sehingga Ha diterima. Sedangkan hasil analisis tanggapan siswa sebesar 3,31 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan analisis tanggapan siswa tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kombinasi dengan Schoology terbukti efektif terhadap hasil belajar pada pokok bahasan Microsoft Word (Mail Merge). Saran peneliti yaitu pendidik dapat menggunakan pembelajaran kombinasi dengan Schoology dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif memudahkan peserta didik dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Schoology, Blended Learning, Elearning, Quasi Experimental Design, Nonequivalent Control Group Design |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 11:13 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 11:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23065 |
Actions (login required)
View Item |