PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA KARIKATUR BERPIDATO BERTEMA KEBUDAYAAN INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA


Fajrina Ridianur , 2101411007 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA KARIKATUR BERPIDATO BERTEMA KEBUDAYAAN INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411007.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Banjarnegara, pembelajaran menyusun teks eksposisi masih rendah. Hal tersebut disebabkan kurangnya keinginan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta kurangnya model dan media pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh sebab itu, solusi berupa model dan media yang lebih efektif untuk meningkatkan pembelajaran menyusun teks eksposisi. Adapun model yang dipilih adalah model pembelajaran berbasis proyek, serta media untuk menunjang pembelajaan adalah media karikatur berpidato bertema kebudayaan Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana proses pembelajaran, prubahan sikap religius, perubahan sikap sosial, dan bagaimana peningkatan keterampilan menyusun teks eksposisi pada peserta didik kelas VII H SM Negeri 1 Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu perubahan proses belajar, sikap religius, sikap sosial dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyusun teks eksposisi pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu menyusun teks eksposisi pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Banjarnegara. Adapun variabel penelitian, yaitu keterampilan menyusun teks eksposisi, model pembelajaan berbasis proyek, dan media karikatur berpidato. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Banjarnegara dengan jumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran menyusun teks eksposisi menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan media karikatur berpidato bertema kebudayaan Indonesia pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Banjarnegara berlangsung dengan baik dan lancar. Perubahan sikap religius pada pembelajaran siklus I yaitu 2,76 dan pada pembelajaan siklus II sebanyak 3,76 dengan predikat (SB). Nilai rata-rata sikap sosial jujur pada siklus I adalah 2,9, sedangkan pada siklus II 3,2 yang termasuk dalam predikat (SB). Nilai rata-rata kelas sikap sosial santun meningkat 0,45 dari 2,85 pada siklus I menjadi 3,3 pada siklus II. Jumlah tersebut termasuk dalam predikat baik. Nilai rata-rata sikap sosial tanggung jawab meningkat sebesar 0,1 dari 2,9 pada siklus I menjadi 3 pada siklus II. Nilai rata-rata meningkat 0,16 dari 2,67 pada prasiklus menjadi 2,83 pada siklus I. Jumlah tersebut termasuk dalam predikat baik (B). Nilai ratarata keterampilan meningkat 0,56 dari 2,76 pada siklus I menjadi 3,39 pada siklus II. Jumlah tersebut termasuk dalam predikat baik (B+). Adapun peningkatan nilai rata-rata pada prasiklus ke siklus II sebesar 0,72. Saran untuk guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaan berbasis proyek dan media karikatur berpidato yang terbukti dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyusun teks eksposisi secara tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun teks eksposisi, model pembelajaan berbasis proyek, karikatur berpidato, kebudayaan Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 11:13
Last Modified: 22 Jan 2016 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23063

Actions (login required)

View Item View Item