PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TEMA KALOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Dian Aini Fitriyanti , 4001410007 (2014) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TEMA KALOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TEMA KALOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP) - Published Version
Download (3427Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan modul IPA terpadu berpendekatan SEA tema Kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and development (R&D). Tahap penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok yaitu skala kecil, skala besar dan uji produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan terhadap modul IPA terpadu yang digunakan dinyatakan layak sesuai BNSP dengan rata-rata validasi komponen isi 3,83, kebahasaan 3,71 dan penyajian 3,68. Ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 92,59%, sedangkan perhitungan menggunakan uji t didapat dinilai thitung (14,11) > ttabel (1,67) dikategorikan pencapaian signifikan. Selain itu penerapan modul IPA terpadu berpendekatan SEA mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan N-gain rata-rata sebesar 0,61 pada taraf pencapaian sedang. Dengan demikian adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukan penerapan modul IPA terpadu berpendekatan SEA dinyatakan efektif

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Modul, Starter Experiment Approach (SEA), Kemampuan Berpikir Kritis
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Jan 2016 05:53
    Last Modified: 22 Jan 2016 05:53

    Actions (login required)

    View Item