PENGEMBANGAN MAJALAH SAINS BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP

Siti Asfuriyah , 4001410059 (2014) PENGEMBANGAN MAJALAH SAINS BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MAJALAH SAINS BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP) - Published Version
Download (10Mb)

    Abstract

    Implementasi Kurikulum 2013 seharusnya mewajibkan sekolah baik SMP/MTs menerapkan pembelajaran IPA secara integrated science dengan menggunakan panduan buku pegangan guru dan siswa yang telah dikembangkan Kemendikbud. Namun hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di MTs Nurul Huda Banyuputih belum dilaksanakan secara terpadu. Belum tersedianya sumber belajar menjadi hambatan utama pelaksanaan pembelajaran secara terpadu. Pada penelitian ini akan dikembangkan suatu produk yakni majalah sains berbasis contextual learning pada tema pemanasan global untuk kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Research and Development adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono, 2010). Majalah sains yang dikembangkan diukur kelayakan dan keefektifannya. Kelayakan diukur menggunakan instrumen penilaian buku pelajaran BSNP yang telah dimodifikasi dan disesuaikan, sedangkan keefektifan dilihat dari peningkatan hasil tes kognitif menggunakan metode pretes-postes, dan peningkatan minat belajar menggunakan angket metode ARCS yang dimodifikasi dari angket yang dikembangkan oleh Keller. Hasil penilaian kelayakan majalah meliputi komponen isi sebesar 95,33%, komponen bahasa sebesar 87,75%, dan komponen penyajian dan kegrafikan sebesar 93,00%. Sedangkan hasil analisis keefektifan diperoleh analisis N¬-gain sebesar 0,67 dengan kriteria sedang, dan analisis angket minat ARCS sebesar 0,16 dengan kriteria rendah. Sehingga, majalah sains ini dinyatakan layak sebagai media pembelajaran bagi siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Majalah Sains, Contextual Learning, Pemanasan Global
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Jan 2016 05:49
    Last Modified: 22 Jan 2016 05:49

    Actions (login required)

    View Item