PENGEMBANGAN KIT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT PADA TEMA BUNYI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP

Laela Shofiana , 4001410027 (2014) PENGEMBANGAN KIT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT PADA TEMA BUNYI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KIT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE EDUTAINMENT PADA TEMA BUNYI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP) - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Pembelajaran IPA terkadang membutuhkan media sebagai alat bantu pembelajaran yang mampu memudahkan siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak dan untuk merangsang minat belajar siswa. Keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah seringkali menjadi hambatan dalam penggunaan media, khususnya multimedia. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran alternatif yang menyenangkan, efektif, dan variatif, serta tidak membutuhkan fasilitas khusus untuk pengoperasiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan Kit pembelajaran IPA berbasis science edutainment pada tema bunyi dalam kehidupan untuk siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Dari analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kit pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian pakar baik dari segi materi maupun media dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 96,25% dan 82,14% yang termasuk dalam kriteria sangat layak. Pembelajaran dengan menggunakan kit pembelajaran yang dikembangkan ini juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai N-gain mencapai 0,57 yang termasuk dalam kriteria sedang, sehingga dapat dikatakan kit pembelajaran IPA yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada tema bunyi dalam kehidupan. Selain itu, berdasarkan data observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kit pembelajaran yang dikembangkan juga dapat merangsang keaktifan siswa dengan persentase 57% siswa sangat aktif dan 47% siswa aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa kit pembelajaran IPA berbasis science edutainment pada tema bunyi dalam kehidupan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran serta terbukti dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kit pembelajaran, science edutainment, tema bunyi dalam kehidupan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Jan 2016 05:46
    Last Modified: 22 Jan 2016 05:46

    Actions (login required)

    View Item