PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS INKUIRI PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA SMP KELAS VIII


Rahmawati , 4001410002 (2014) PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS INKUIRI PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS INKUIRI PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS INKUIRI PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA SMP KELAS VIII) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SMP 1 Jati dan SMP Negeri 3 Batang menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran IPA belum sepenuhnya secara terpadu, masih terpisah antara materi IPA bidang kajian Fisika dan Biologi dengan menggunakan soal yang bersifat hafalan dan pemahaman. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan dan ingin mengetahui apakah asesmen IPA berbasis inkuiri dapat mengukur kemampuan berpikir logis siswa. Penelitian dilaksanakan dengan metode Research and Development (R&D). Hasil validasi pakar asesmen, materi, dan bahasa, rata-rata menunjukkan 89,50% produk yang dikembangkan valid; hasil tanggapan guru dari uji coba skala kecil ke uji coba skala besar menunjukkan peningkatan yaitu 78% meningkat hingga 87,72%; sedangkan hasil tanggapan siswa meningkat dari 76,67% hingga 98,33%. Hasil analisis butir soal menunjukkan 35 soal dari 50 soal valid dan dipakai dalam uji pemakaian asesmen. Hasil analisis uji pemakaian sebagai bukti empiris kemampuan berpikir logis siswa menunjukkan bahwa 6,25% siswa berada dalam tahap berpikir konkret, 34,375% siswa berada dalam tahap berpikir transisi, dan 59,375% siswa berada dalam tahap berpikir formal dari total 32 siswa. Hasil validasi pakar dan analisis bukti empiris kemampuan berpikir logis menunjukkan bahwa asesmen IPA berbasis inkuiri pada tema cahaya dan penglihatan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir logis siswa, serta dapat melatih kemampuan siswa dari menghafal dan memahami menuju ke mengaplikasikan, menganalisis, menginterpretasi, mengevaluasi, mengkreasikan, dan berpikir logis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen, IPA, Inkuiri, Berpikir Logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2016 10:42
Last Modified: 22 Jan 2016 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item